Inilah Riwayat Istana Teater

Placedowntown – Istana Teater dibuka pada tanggal 26 Juni 1911 dan menjadi Teater Orpheum serta menjadi rumah ke-3 Orpheum vaudeville di Los Angeles, teater baru pertama yang dibuat khusus untuk keturunan vaudeville yang terkenal. Gedung teater dibiayai oleh wirausahawan lokal serta terdiri dari empat tingkat lantai kantor dan beberapa toko di Broadway.

Teater Pertama Dengan Dekorasi Yang Elegan

Teater baru yang eksklusif ini mempunyai hampir 2.000 bangku di tiga lantai, yang berjarak lebih dari delapan puluh kaki dari panggung. Dekorasinya yang elegan dan tenang dengan dominasi warna emas, merah muda serta biru. Dinding marmer serta ubin mosaik dipakai di semua lobi, serta ruangan bawah tanah menyediakan ruangan merokok pria dengan perapian. Lounge wanita di lantai atas mempunyai jendela yang menghadap ke lobi luar dan termasuk air mancur marmer.

Orpheum baru menampilkan yang terbaik di vaudeville terlihat dari beberapa tokoh seperti Sarah Bernhart, Al Jolson, Harry Houdini, Marx Brothers, Jack Benny serta W. C. Fields. Acara diadakan dua kali sehari dan semua bangku disediakan. Tiket seringkali terjual habis beberapa hari sebelumnya, dan Orpheum vaudeville dianggap sebagai kualitas tertinggi di Los Angeles. Teater itu sukses semenjak awal dibuka teater itu sampai lima belas tahun kedepannya oleh Orpheum lain beberapa blok jauhnya.

Berganti Namanya Menjadi Istana Broadway

Teater ini berganti nama menjadi Istana Broadway pada tahun 1926 dan tampilkan komedi musikal dan variety show. Pada tahun 1929 teater itu disewa oleh Fox West Coast Theatres serta diperbaiki menjadi rumah film. Sepanjang renovasi ini, kotak-kotak yang elegan dilepaskan serta ditukar dengan lukisan minyak besar yang memvisualisasikan panorama klasik. Stan proyeksi diperbesar serta teater diperlengkapi kabel untuk suara. Ini dibuka kembali dengan pemutaran pertama dunia dari MGM’s Hallelujah!

Selama bertahun-tahun, Istana dijadikan rumah film, umumnya memperoleh film satu atau dua minggu sesudah dibukanya salah satunya bioskop eksklusif yang semakin besar di dekatnya. Ini berganti pada tahun 1939 saat teater bertukar nama menjadi Istana Berita, dan mulai memperlihatkan hanya film dokumenter saja. Kebijaksanaan ini berlanjut selama Perang Dunia II dan selesai pada 1947 saat teater kembali menjadi Istana serta dibuka kembali dengan nominasi pertamanya yaitu The Best Years of Our Lives. Walau atraksi ini sangat sukses, teater secara bertahap kembaliĀ  sepanjang tahun 1950-an sampai 1960-an. Selanjutnya menjadi rumah buat film-film yang berbahasa Spanyol dari Meksiko dan kadang-kadang menampilkan atraksi panggung bersama film-film.

Istana mengalami kebangkitan pada 1990-an saat diangkat kembali oleh beberapa pelestari dan studio Hollywood. Ada pemutaran film spesial dan teater menjadi tempat syuting film serta acara tv yang bagus dan menarik. Sayangnya teater tidak dapat bertahan menjadi rumah film saat produksi film-film Meksiko menjadi tidak laku. Teater ditutup pada tahun 2000 dan dipasarkan ke pengembang Tom Gilmore. Ia mencoba untuk menghidupkan kembali teater sepanjang empat tahun dan pada akhirnya ia menjual bangunan itu kepada keluarga Delijani pada tahun 2004.

Pada tahun 2011, Istana Teater rayakan ulang tahunnya yang ke-100, sesudah perbaikan sebesar satu juta dolar yang diperuntukkan untuk menolong memulihkan status teater menjadi tempat terkenal di Los Angeles untuk konser, atraksi langsung, acara spesial, pemutaran film, dan lain-lain.